Resiko dan Keuntungan Ketika Blogmu Ada di Halaman Satu Google

Advertisement
Tidak sedikit untuk para blogger, khususnya blogger bisnis yang menginginkan blognya atau lebih tepatnya kata kunci artikel blognya berada di halaman satu Google. Padahal itu bagaikan buah simalakama. Satu sisi ada keuntungan dan satu sisi juga tentu ada resiko. Saya menyebutnya demikian karena berdasarkan pengalaman pribadi, terkecuali bagi blogger idealis yang sedari awal tidak memikirkan berbagai kata kuncinya berada di mesin pencari nomer satu dunia itu.

Bagi blogger bisnis, ketika kata kunci artikel blognya berada di urutan pertama hingga ketiga, maka itu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri karena hal tersebut akan  membuat semakin banyak visitor yang berdatangan. Apalagi jika kata kuncinya banyak dicari orang. Kenapa demikian? Sederhana saja, seseorang yang mencari informasi di Google dengan mengetikan kata kunci yang dicarinya, maka ada potensi di urutan pertama itulah yang akan diklik. Selanjutnya urutan kedua dan ketiga. Sedangkan urutan keempat sampai kesepuluh itu, anggap saja sebuah bonus bila ada yang mengkliknya. Selebihnya, biasanya pencari informasi itu akan mencarinya kembali dengan mengetikan kata kunci yang baru lagi. Sangat jarang pencari informasi itu akan mengklik halaman kedua Google, walaupun ada juga yang melakukanya.

Ketika Blogmu Ada di Halaman Satu Google
Lantas bagaimana dengan resikonya? Contoh paling mudah resiko yang menimpa blog ketika berada di halaman satu Google itu misalnya artikelnya dicopi paste tanpa menyebutkan sumbernya. Oleh karena itu, tidak heran saya pernah membahasnya secara khusus pada tulisanku terdahulu, bahwa hal tersebut seringkali menjadi salah satu ketakutan bagi blogger bisnis (baca: Semangat Menulis! Itu Yang Paling Penting Bagi Blogger Bisnis).

Akan tetapi, satu hal yang menjadi catatatan penting. Setelah saya menelisik satu-persatu, jika dibandingkan dengan resikonya itu, ternyata lebih banyak jumlah keuntungannya (lihat gambar diatas). Sehingga harapan blog muncul di halaman satu Google itu tetaplah besar bahkan seringkali menjadi sebuah prioritas. Inilah yang pada akhirnya banyak blogger ingin mempelajari ilmu SEO yang sebenarnya secara tidak sadar kita masuk dalam pasar mesin pencari Google. Hal tersebut tidaklah aneh karena saat ini mesin pencari yang banyak digunakan adalah Google. Sampai-sampai melekat pada benak pikiran seseorang, jika ada yang bertanya tentang sesuatu. Jawaban yang paling mudah adalah "cari aja di mbah Google".

Sekarang berdasarkan gambar diatas, mari kita lihat uraian singkat resiko dan keuntungannya:

Keuntungan
  • Banyak visitor
Ini rumusan pasti. Ketika beberapa kata kunci artikel di blogmu berada di halaman satu Google, maka dapat dipastikan akan banyak visitor yang berdatangan. Apalagi jika kata kunci tersebut banyak yang mencarinya. Seperti yang kita tahu, mesin pencari Google adalah yang banyak digunakan oleh manusia di dunia. Oleh karenanya, tak heran banyak para blogger yang mendambakan itu.
  • Banyak yang membaca
Banyak visitor sebenarnya tidak selalu berbanding terbalik dengan banyak yang membacanya. Mengapa? Karena ini akan dipengaruhi oleh kualitas artikel kita dan tentu saja kebutuhan si pencari informasi. Seringkali artikel-artikel bagus juga kadangkala diabaikan begitu saja oleh visitor yang sudah mampir diblog kita melalui mesin pencari Google. Akan tetapi, paling tidak ada satu kesempatan dari visitor yang bisa saja tertarik dengan artikel-artikel lainya yang sudah kita tulis itu.
  • Meningkatkan penghasilan
Ini yang paling didambakan oleh blogger bisnis. Semakin banyak visitor, maka akan semakin banyak potensi penghasilan yang didapatkan. Bagi blogger pemain PPC (pay per click) misalnya Google Adsense, ini merupakan sebuah peluang dalam mendapatkan penghasilan ribuan dollar. Begitu pula bagi blogger yang yang menjual slot baner iklan sendiri, maka hal tersebut merupakan kelebihan yang bisa dijadikan daya tarik atau promosi bagi untuk pemasang iklan. Sehingga diharapkan akan ada seseorang atau korporasi yang akan memasang iklan diblognya. Kalau sudah demikian, tentunya akan ada banyak penghasilan dari jual slot banner iklan sendiri.
  • Semakin populer
Ada banyak visitor yang datang dari mesin pencari Google. Juga ada banyak pembaca yang betah berlama-lama membaca artikel di blog, maka akan semakin mempopulerkan blog kita. Belum lagi jika ada pembaca yang senang dengan artikel yang kita tulis kemudian secara sukarela membagikannya ke situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Google+,  dan lainya. Bukankah ini akan semakin menambah kepopuleran blog kita?
  • Referensi blogger lain
Blog-blog yang berada di halaman pertama Google biasanya akan menjadi pusat referensi bagi blogger lain. Misalnya artikel-artikel diblognya akan diperhatikan mengapa bisa berada di halaman satu Google. Beberapa yang menjadi perhatian misalnya gaya bahasa, cara penyampaian, pemilihan kata kunci, atau bahkan tema ngbelognya. Oleh karena itu, khusus bagi para blogger yang blognya berada di halaman pertama Google, pada dasarnya secara tidak langsung dapat memberikan ide dan gagasan kreatif bagi blogger lain. Jadi, berbahagialah karena blogmu dianggap bermanfaat.

Resiko
  • Di copi paste tanpa mencantumkan sumber
Di dunia internet, istilah copi paste itu sangatlah biasa. Nitizen sering menyebutnya sebagai copaser. Begitu juga di dunia blog, copi paste hingga sekarang masih menjadi perbincangan utama di forum-forum komunitas dunia publisher. Blogger yang mengcopi lalu menyebutkan sumber utamanya kemungkinan masih bisa ditolerir. Akan tetapi, bagi para copaser yang tidak mencantumkan sumbernya, maka jelas-jelas ini sangat merugikan orang lain. Belum lagi ada banyak kasus, blog yang mengcopas seringkali malah justru unggul di mesin pencari Google. Inilah ynag seringkali dicibir untuk para copaser  blog yang dilakukan tanpa ada rasa bersalah. Oleh sebab itu, pada hakekatnya bukanlah seorang blogger jika konten blognya berisi artikel orang lain semua tanpa mencantumkan sumbernya. Saya lebih sepakat menyebutnya sebagai copaser. Inilah resiko terbesar bagi blog-blog yang ada dihalaman satu Google. Bagi blogger bisnis, hanya satu  yang harus dilakukan ketika menghadapi copaser. Tetaplah bersabar dan berlapang dada karena itu kuncinya agar tetap tenang.
  • Sasaran kebencian dari blogger bisnis pendengki
Namanya juga dunia bisnis, pasti ada pihak-pihak lain yang tidak senang apabila menemukan orang lain yang sukses dengan bisnisnya. Ini merupakan penyakit hati yang bisa saja hinggap bagi seorang blogger bisnis. Kita tidak tahu diluar sana, ada blogger bisnis terutama dengan tema yang sama diam-diam menaruh dendam hanya karena persiangan kata kunci artikel kalah di halaman pencarian Google. Misalnya dia melakukan boom klik atau ngeklik iklan berkali-kali di blog yang pasangi PPC Google Adsense dengan tujuan agar account Google Adsense kita dibenned. Akan tetapi, bagi blog dengan visitor banyak ini tentu tidak berpengaruh.

Resiko dan keuntungan blog berada di halaman satu Google itu adalah sebuah hal yang pasti akan ditemui dalam dunia internet. Oleh sebab itu, tidak perlu risau karena ada baiknya jika kita meniru dari sifat seorang  blogger idealis. Tak perlu memikirkan kata kunci artikel berada di halaman satu Google. Yang terpenting adalah tetaplah menulis artikel yang bermanfaat karena itu merupakan sebuah investasi (baca: Jadikan Tulisan Blogmu itu Investasi). Apabila banyak kata kunci artikel blogmu berada di halaman satu Google, itu merupakan sebuah nikmat yang harus di syukuri.

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

2 Tanggapan untuk "Resiko dan Keuntungan Ketika Blogmu Ada di Halaman Satu Google"

Eyang Gaul mengatakan...

Jangankan tampil di halaman satu google, diindex google aja udah seneng.
Maklum, baru belajar ngeblog hehehe

murad maulana mengatakan...

he...2, semangat eyang gaul ngeblognya.