Ngeblog Sambil Belajar Grammar Bahasa Inggris

Advertisement
Sepertinya diblog ini, saya akan menulis khusus tentang grammar bahasa inggris. Tujuannya untuk catatan pribadi agar lebih ingat lagi. Kenapa lewat blog? Karena sembari menulis saya akan dipaksa untuk membaca buku-buku pelajaran bahasa inggris dan kebiasaanku membaca kembali hasil tulisanku diblog selalu dilakukan kapan dan dimanapun berada misalnya ketika berangkat kerja menggunakan commuter line, disitu biasanya saya mengakses blog sendiri via smartphone. Semoga dengan "sedikit paksaan" dan kebiasaan membaca tulisan sendiri itu dapat membuat saya jadi lebih menyegarkan kembali tentang grammar bahasa inggris. Di sisi lain, saya sih berharap manfaat lainya juga dapat memberikan pencerahan kepada pembaca blogku terutama yang masih belajar tentang grammar bahasa inggris.

Ngeblog Sambil Belajar Grammar Bahasa Inggris Alasan lain kenapa saya ingin menulis secara khusus tentang grammar bahasa inggris karena berawal dari tes Toefl yang masih dibawah standar (he..2). Nah, melalui ngeblog ini, tema tentang pelajaran bahasa inggris ini bisa saya jadikan pokok pembahasan. Ibarat kata pribahasa "sambil menyelam minum air" artinya menyelesaikan suatu pekerjaan sekaligus dapat menyelesaikan pekerjaan lain. Dalam pribahasa lain misalnya "sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui" dan "sekali tepuk dua lalat". Ini artinya ngeblog tentang pelajaran bahasa inggris akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, saya ada ide menulis diblog ini. Kedua, dapat menyegarkan pelajaran grammar bahasa inggrisku lagi. Semoga...

Untuk conversation bahasa inggris sendiri sebenarnya saya pernah mengikuti club bahasa inggris dikantorku tahun kemarin. Tapi entah kenapa lambat laun kegiatan tersebut semakin jarang saya ikut karena berbenturan dengan acara lain. Tiap bulan peserta yang ikutpun makin habis. Pada akhirnya saya tidak tahu persis kelanjutan club bahasa inggris tersebut.

Ngomong-ngomong tentang bahasa inggris, saya juga pernah menulis informasi seputar jadwal tes Toefl ITP di UI pada tahun 2015. Silahkan baca: Jadwal Tes Toefl ITP LBI UI 2015. Saya sendiri akan mengikuti tes Toefl di UI ini pada tanggal 23 April yang berlokasi di Salemba. Ada dua lokasi yang digunakan untuk tes Toefl di UI yaitu Depok dan Salemba. Biayanya Rp.350.000. Apakah hasil Toeflnya bisa digunakan untuk mendaftar beasiswa baik dalam negeri maupun luar negeri? Insya Allah bisa. Silahkan barangkali yang mau tes di LBI UI bisa melihat jadwalnya di link yang telah saya tautkan diatas tersebut.

Sebenarnya untuk ngeblog sekaligus belajar bahasa inggris telah saya praktekan cukup lama. Tapi saya menulis masih dengan bantuan Google Translate. Itupun saya tidak perhatikan grammarnya. Saat itu saya menulis untuk mencari dollar di internet dengan menjadi publisher Google Adsense (kala itu bahasa Indonesia belum mendukung GA oleh karenanya harus menggunakan bahasa inggris). Belakangan untuk sekarang sudah bisa mendukung blog yang berbahasa Indonesia.

Kendala Belajar Bahasa Inggris
Menurut pengalamanku ada tiga kendala atau hambatan yang lazim ditemui ketika seseorang lama menguasai bahasa inggris. Pertama, jarang latihan atau praktek secara langsung misalnya dengan teman-teman atau keluarga. Oleh karenanya adanya komunitas atau club bahasa inggris itu penting karena bisa menjadi sarana latihan dalam meningkatkan percakapan sehari-hari bahasa inggris sehingga menjadi terbiasa dan tidak canggung. Kurang latihan juga misalnya jarang mendengarkan siaran radio berbahasa inggris seperi BBC London dan jarang menonton berita TV berbahasa inggris. Padahal sarana berlatih untuk sekarang sangatlah banyak misalnya melalui Youtube atau sering menonton film luar negeri. Kemudian, kurang latihan menerjemahkan tulisan-tulisan berbahasa inggris.

Kedua, kurang percaya diri misalnya takut salah dalam pengucapan atau penulisan. Padahal ketika salah hendaknya kita tak perlu malu karena  hal tersebut adalah wajar. Bukankah bahasa inggris itu bukan bahasa ibu kita? Pada kasus dilapangan seringkali kita juga diledek oleh teman-teman ketika berbicara bahasa inggris misalnya sok gaul atau banyak gaya. Padahal sejatinya itu sebagai sarana latihan kita.

Ketiga,  merasa belum tidak ada manfaat secara nyata ketika belajar bahasa inggris. Padahal khusus untuk blogger bisnis, apabila bermain PPC dengan ngeblog berkonten bahasa inggris, maka hasilnya sangat menggiurkan lho karena nilai kliknya yang cenderung lebih besar. Manfaat lainya tentu bukan hanya blogger bisnis yang bermain PPC, namun para blogger bisnis lainya misalnya yang bermain affiliate, menjual produk sendiri, dan lain sebagainya (baca: Internet Marketing dan Jenisnya).

Sebagai pelengkap, tak elok rasanya jika saya tidak membagikan tips belajar bahasa inggris yang pernah diwejangkan oleh almarhum Gayatri Wailissa, seorang remaja Ambon yang memiliki segudang prestasi dan terkenal menguasai banyak bahasa asing di dunia. Menurutnya, ada tiga tips jitu yang bisa dipraktekan dalam mempelajari bahasa inggris. Berikut tiga point tersebut:
  1. Untuk bisa menguasai bahasa asing, maka bertemanlah dengan kamus
  2. Cara mudah mempelajari bahasa asing adalah sering mendengarkan lagu dan film luar negeri. Untuk kemudian perhatikan setiap ucapannya dan terjemahkan artinya melalui kamus. Jangan lupa jika melalui buku pelajari tata bahasanya.
  3. Jika ingin mahir berbahasa asing maka sering berlatihlah berbicara sendiri didepan cermin
Tiga tips tersebut pernah saya tulis diblog ini ketika almarhum Gayatri Wailissa meninggal secara mendadak. Silahkan baca orbituarinya: Sang Duta Tingkat ASEAN itu Kini Telah Pergi Untuk Selamanya dan  31 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Gayatri Wailissa

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ngeblog Sambil Belajar Grammar Bahasa Inggris "