Daun Binahong Melawan Kolesterol dan Mengobati Diabetes Mellitus

Advertisement
Malam ini saya membaca artikel bagus tentang obat tradisional dari tumbuhan pagar. Membaca artikel itu, tiba-tiba pun saya jadi teringat dengan almarhum pustakawan Perpustakaan Indramayu. Beliau adalah salah satu rekan kerja saya ketika masih bekerja di Pemda Kota Mangga. Saat itu almarhum mengidap sakit diabetes mellitus. Ia menceritakan ada salah satu obat tradisional yang dikonsumsi daunya. Tumbuhan tersebut ditanam didepan rumahnya. Bahkan semua rekan kerja pernah dibawakan tumbuhan daun tersebut. Konon katanya untuk mengobati penyakitnya kencing manis (diabetes mellitus). Nama daun tumbuhan tersebut adalah binahong atau sering disebut daun jantung. Belakangan bukan hanya dipercaya ampuh untuk mengobati diabetes mellitus. Akan tetapi, daun tumbuhan binahong ini juga dipercaya dapat melawan kolesterol. 

Binahong

Mampu Melawan Kolesterol
Artikel yang saya baca ini diterbitkan oleh Trubus Online. Judulnya Sehat Dengan Binahong. Dikatakan bahwa daun binahong dapat menghambat penurunan kinerja otak karena  mengandung zat saponin. Penurunan kinerja otak itu akibat seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji yang berkalori tinggi. Sehingga dalam jangka panjang akan mengakibatkan penyakit degeneratif misalnya kolesterol, obesitas, dan diabetes mellitus (DM). Zat Saponin sendiri dikatakan bahwa mampu menghambat pembentukan kolesterol dengan menghambat enzim hidroksi metilglutaril ko-asetat reduktase pada tahap fosforilasi sel. Sedangkan Enzim itu tersebut berperan“memungut” molekul asetat aktif alias asetil KoA untuk menyambung rantai lemak. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini:
Mengobati Diabetes Mellitus
Kencing manis atau diabetes mellitus adalah salah satu penyakit yang sering kita temukan di negara Indonesia. Sejarah mencatat pada tahun 2013 kurang lebih ada sekitar 8.5 juta penderita diabetes mellitus. Hal ini menjadikan Indonesia berada pada posisi ke empat ditingkat asia dan ke tujuh di tingkat dunia (Wikipedia). Bahkan seperti dilansir Tribunnews, bahwa menurut WHO, penyakit DM di Indonesia ini diprediksikan akan meningkat menjadi 22 juta pada tahun 2030.

Belakangan penyakit ini menyerang bukan hanya khusus kepada orang yang berusia tua saja melainkan anak kecil dan anak mudapun seringkali sudah ada yang mengidapnya. Selain karena faktor keturunan, diabetes mellitus juga disebabkan karena pola makan yang kurang sehat dan jarang berolah raga. 

Diabetes Mellitus ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Hal ini disebabkan karena adanya gangguan metabolisme tubuh pada pankreas yang tidak dapat memproduksi insulin / reseptor dengan baik. Insulin sendiri adalah sebuah hormon yang diproduksi oleh sel beta di pankreas yang berfungsi untuk  mengatur metabolisme glukosa menjadi energi serta mengubah kelebihan glukosa menjadi glikogen yang disimpan pada hati dan otot (Kompas). 

Berdasarkan penelitian Dr Farida Hayati MSi Apt dan Mir A Kemila, jurusan Farmasi, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, bahwa air rebusan daun binahong ternyata dapat menurunkan kadar gula darah. Adapun zat yang menurunkan kadar gula darah itu adalah Flavonoid yang ada pada daun binahong.

Selain untuk melawan kolesterol dan mengobati diabetes mellitus, daun binahong juga dipercaya dapat mengobati penyakit lainya seperti  bronkitis, tifus, asma, stroke, tumor, kanker, sampai pembengkakan tiroid. Kemudian juga mengobati beberapa penyakit ringan seperti jerawat, luka memar, luka pascaoperasi, mimisan, luka bakar, seriawan, dan diare. 

Cara Memanfaatka Daun Binahong
Sejatinya ada dua cara untuk memanfaatkan daun binahong. Pertama bisa digunakan untuk obat luar atau diborehkan pada bagian yang luka.  Kedua, dengan cara meminum air rebusan dari daun binahong. Berikut prosesnya:
Daun Binahong
  • Ambil 9 lembar daun binahong (pilih daun yang tidak terlalu muda juga tidak terlalu tua), cuci bersih dengan air.
  • Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa menjadi satu gelas.
  • Minum 2 kali sehari pagi dan malam. 
Cara diatas adalah berdasarkan pada artikel Trubus Online. Berbeda dengan almarhum teman pustakawanku di kota mangga. Ia memanfaatkan daun binahong tanpa merebusnya dahulu. Akan tetapi, langsung memakannya mentah persis seperti lalapan pagi dan sore hari.  Bagaimana hasilnya? Berdasarkan penglamannya lumayan ampuh. Misalnya saat gula lagi tinggi, badan terasa gak enak. Nah, setelah memakan daun binahong ini, katanya kondisi badan jadi enak, segar dan nyaman kembali.
Sebagai informasi tambahan silahkan download disini artikel tentang Sehat Dengan Binahong (PDF).

Referensi
Kompas
Tribunnews
Wikipedia
Trubus Online: Sehat Dengan Binahong

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Daun Binahong Melawan Kolesterol dan Mengobati Diabetes Mellitus"