Penjualan Batu Akik diatas Satu Juta Akan Dikenakan PPh Barang Mewah

Advertisement
Buat teman-teman yang punya bisnis batu akik khususnya yang sering melakukan transksi diatas satu juta, maka siap-siap akan dikenakan PPh atas penjualan yang tergolong barang mewah. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 253/PMK.03/2008, penjualan batu akik memang belum tertera. Namun demikian, Menurut (Plt) Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Mardiasmo, bahwa rencananya peraturan itu akan direvisi.

Dalam PMK tersebut, ada lima yang dikenakan PPh karena tergolong barang sangat mewah seperti pesawat udara pribadi dengan harga jual lebih dari 20 milyar, kapal pesiar dan sejenisnya dengan harga jual lebih dari 10 milyar, rumah beserta tanah dengan harga jual lebih dari 10 milyar dan luas tanah 500m. Kemudian apartemen, kondominium dan sejenisnya dengan harga jual lebih dari 10 milyar dan luas tanah 400m, kendaraan bermotor roda empat dengan pengangkutan kurang dari 10 orang seperti sedan, jeep, suv, mpv, minibus dan sejenisnya dengan harga jual lebih dari 5 milyar dan kapasitas silinder lebih dari 3.000cc. Kelima barang mewah tersebut rencanaya masuk dalam daftar revisi misalnya pada perubahan minimum batasan harganya.
Batu BacanSelain itu, lima barang mewah baru lainya yang rencanaya akan dimasukan adalah kendaraan bermotor roda dua atau tiga dengan harga jual 75 juta dan kapasitas silinder 250cc. Kemudian perhiasan seperti berlian, emas, intan dan batu permata dengan harga jual diatas 100 juta. Ada juga jam tangan yang sebelumnya tidak dipungut PPh, maka untuk sekarang akan kenakan jika harga jualnya lebih dari Rp 50 juta. Bahkan untuk tas dan sepatupun akan dikenakan pungutan PPh. Untuk tas dengan harga jual lebih dari Rp 15 juta sedangkan sepatu dengan harga jual lebih dari Rp 5 juta.


Bagaimana Dengan Batu Akik?
Dikatakan Mardiasmo, batu akik masuk dalam kategori perhiasan. Seperti dilansir Viva News, alasan pemerintah mengenakan PPh pada batu akik karena dipandang memiliki potensi pajak yang dapat meningkatkan penerimaan negara mengingat trend penjualan batu akik yang terus meningkat dan mahal.

Lantas bagaimana dengan penjual batu akik yang bersifat pribadi? Konon kabarnya tarif PPh itu bukan untuk Wajib Pajak Perorangan, melainkan Wajib Pajak Badan. Oleh karena itu pengenaan pajak penjualan (PPh) barang mewah pada batu akik diatas satu juta itu hanya dikenakan pada penjual distributor atau toko resmi. Tapi tetap saja, konsekuensinya harga batu akik nanti akan lebih mahal dan akan dibebankan pada konsumen. Perumpamaanya seperti kita makan di KFC lebih mahal dibanding makan ayam goreng diwarteg.

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penjualan Batu Akik diatas Satu Juta Akan Dikenakan PPh Barang Mewah"