Hari Penting Bulan Januari: Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU)

Salah satu hari penting dibulan Januari ini adalah adanya hari lahir Nahdatul Ulama (NU) yang jatuh pada tanggal 31. Sebagai seorang yang dibesarkan dilingkungan NU, setidaknya saya harus tahu kapan lahirnya organisasi Islam  terbesar di Indonesia ini. Saya cob cek ke Wikipedia, namun sangat disayangkan belum ada yang memasukan hari lahir NU tersebut sama halnya dengan  bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan yang jatuh pada tanggal 14 September.

Hari Penting Bulan Januari
Hari dan peristiwa penting dibulan Januari tidaklah banyak. Berdsarkan situs Perpustakaan Nasional RI, kurang lebih ada sekitar 11 hari penting yang tercatat. Itu sudah termasuk hari penting nasional dan internasional. Untuk hari penting internasional misalnya hari kusta yang jatuh pada tanggal 25 Januari. Untuk lebih jelasnya berikut tabel hari penting nasional dan internasional yang jatuh pada bulan Januari:

01 Januari
Tahun Baru
Awal Tahun Syamsiah atau Masehi

03 Januari
Hari Departemen Agama
Lahirnya Departemen Agama Republik Indonesia (Depag RI) tidak dapat dipisahkan dari proses negosiasi politik umat Islam di Indonesia. Fakta menunjukkan sejak dalam proses perumusan dasar negara khususnya sejak pembentukan ( BPUPKI) para perwakilan tokoh Islam pada saat itu sudah mulai memperjuangkan bahwa Negara Indonesia nantinya harus mengakomodasi aspirasi umat Islam yang merupakan kelompok mayoritas, sehingga Negara Republik Indonesia dicita-citakan berdasarkan atas Islam. Keinginan untuk menjadikan Islam sebagai dasar Negara Indonesia ternyata mendapat tantangan cukup keras terutama dari kalangan nasionalis dan non muslim yang suaranya cukup signifikan di wilayah Indonesia bagian timur. Sehingga Soekarno pada saat itu memunculkan konsep Pancasila yang kemudian menjadi dasar Negara. BPKNIP mengusulkan agar negara Indonesia hendaknya mendirikan kementerian agama yang khusus dan tersendiri. Usul tersebut mendapat dukungan secara aklamasi, hal ini menunjukkan bahwa adanya kementerian agama di Indonesia adalah kesepakatan atas keinginan eluruh rakya Indonesia. Kementerian Agama disyahkan berdasarkan PP No.I/SD tanggal 3 Januari 1946 yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari berdirinya Departemen Agama RI.

05 Januari
Hari Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL)
Pada tanggal 5 Januari 1963 lahir Korps Wanita Angkatan Laut (KOWAL). Pada tahun 1962 dilingkungan Angkatan Laut timbul gagasan untuk menampilkan Peranan Wanita Indonesia dalam bidang pertahanan, keamanan, khususnya dibidang Matra Laut. KSAL Laksamana Muda Laut R.E. Martadinata mendukung sepenuhnya gagasan ini. Pada bulan Juli 1961, beberapa Perwira Staf Pendidikan dikirim ke Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat di Bandung untuk mempelajari pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD). Setelah mempelajari dan mempersiapkan secara matang dengan dukungan dari berbagai pihak, Menteri/KSAL mengeluarkan Surat Keputusan tanggal 26 Juni 1962, tentang pembentukan KOWAL. Pembentukan KOWAL mempunyai tujuan untuk memberikan hak, kewajiban dan kehormatan kepada wanita Indonesia untuk mengisi jabatan tenaga wanita Indonesia dalam rangka penyempurnaan dan efisiensi organisasi. Pendidikan KOWAL Angkatan Pertama diikuti 12 orang dan mereka dilantik menjadi siswa KOWAL untuk Menteri/KSAL di lapangan Apel MBAL Jalan Gunung Sahari 67 Jakarta, pada tanggal 5 Januari 1963. Pelantikan KOWAL Angkatan Pertama tanggal 5 Januari 1963 ini kemudian dijadikan hari lahirnya KOWAL

05 Januari
Hari Ulang Tahun Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) didirikan oleh lima deklarator yang merupakan pimpinan empat Partai Islam peserta Pemilu 1971 dan seorang ketua kelompok persatuan pembangunan, semacam fraksi empat partai Islam di DPR. Keempat partai tersebut antara lain, Partai Nadhalatul Ulama (NU), Partai Muslimin Indonesia (Parmusi), Partai Syarikat Islam Indonesia (PSII) dan Partai Islam Perti.

10 Januari
Hari Gerakan Satu Juta Pohon
Gerakan Satu Juta Pohon (GSJP), pertama kali dicanangkan oleh Presiden Soeharto pada 10 Januari 1993. GSJP bertujuan mewujudkan lingkungan yang sejuk, sehat dan asri. Hal ini ditempuh dengan cara mengajak seluruh lapisan masyarakat menanam pohon sampai melampaui satu juta pohon di setiap propinsi. GSJP merupakan program Kantor Menteri Lingkungan Hidup waktu itu yang pelaksanaannya bekerjasama dengan Deparpostel, Depdagri, Dephut dan Depkes.

10 Januari
Hari Ulang Tahun Partai Demokrasi Indonesia (PDI)
Berdasarkan sejarahnya, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) merupakan hasil fusi dari lima partai yaitu, Partai Nasional Indonesia, Partai Katolik, Partai Kristen Indonesia, Partai Musyawarah Rakyat Banyak, dan Partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia.

10 Januari
Hari Tritura
Tri Tuntutan Rakyat (atau biasa disingkat Tritura) adalah tiga tuntutan kepada pemerintah yang diserukan para mahasiswa yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI), dan didukung penuh oleh Angkatan Bersenjata. Tiga tuntutan tersebut didasarkan oleh kondisi negara waktu itu. Memasuki akhir 1965, keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik. Harga barang naik sangat tinggi terutama BBM. Isi Tritura adalah: Bubarkan PKI Perombakan kabinet Turunkan harga Tuntutan pertama dan kedua sebelumnya sudah pernah diserukan oleh KAP-Gestapu (Kesatuan Aksi Pengganyangan Gerakan 30 September). Sedangkan tuntutan ketiga baru diserukan saat itu. Tuntutan ketiga sangat menyentuh kepentingan orang banyak.

15 Januari
Hari Darma Samudra
Tanggal 15 Januari bagi TNI AL khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya merupakan hari yang amat bersejarah. Setiap tanggal itu selalu diperingati sebagai hari pahlawan pejuang bangsa yang gugur ditegah samudra. Hari tersebut dikenal dengan peringatan ¿Hari Darma Samudra¿. Peristiwa pertempuran laut untuk menghadang dan menghancurkan negeri penjajah acap kali terjadi. Peristiwa yang paling heroik terjadi di Laut Aru, peristiwa itu dikenal dengan nama Pertempuran Laut Aru yang telah meneggelamkan, menewaskan Komodor Yos Sudarso dan sebagian besar ABK kapal RI Macan Tutul akibat serbuan dua kapal distroyer dan pesawat tempur Belanda.

25 Januari
Hari Gizi Dan Makanan
Saat ini Indonesia sangat memerlukan SDM yang tangguh, agar bangsa Indonesia bisa bangking dari keterpurukan akibat krisis multidimensi pada tahun-tahun yang lalu. Manusia Indonesia yang sehat dan berstatus gizi baik merupakan suatu investasi atau modal pertama dan utama untuk menuju masa depan dalam berkarya serta beraktifitas secara produktif. Dalam kaitan itu kemitraan berbagai unsur masyarakat dalam pembangunan gizi masyarakat mutlak diperlukan untuk menuju masa depan dalam menghimpun sumber daya, pemikiran dan tindakan dalam rangka mendukung pencapaian Indonesia Sehat 2010.

25 Januari
Hari Kusta Internasional
Penyakit kusta atau lepra sangat ditakuti. Penyakit itu disebabkan bakteri Microbakterium leprae, juga dipicu gizi buruk. Tidak jarang penderitanya dikucilkan bahkan diusir. Untuk mengubah paradigma negatif tentang para penderita kusta ataupun mantan penderita penyakit tersebut, maka dibuatlah kampanye Penghapusan Diskriminasi dan Stigma terhadap Penderita Kusta. Hari Kusta Sedunia dicanangkan oleh seorang pendiri Yayasan Kusta Raole Fallereau, seorang wartawan berkebangsaan Prancis yang berjuang untuk menghilangkan stigma sosial di masyarakat dan mendapatkan kepedulian masyarakat terhadap kusta.

31 Januari
Hari Lahir Nahdlatul Ulama (NU)
Kalangan pesantren yang selama ini gigih melawan kolonialisme, merespon kebangkitan nasional tersebut dengan membentuk organisasi pergerakan, seperti Nahdlatul Wathan (Kebangkitan Tanah Air) pada 1916. Kemudian pada tahun 1918 didirikan Taswirul Afkar atau dikenal juga dengan "Nahdlatul Fikri" (kebangkitan pemikiran), sebagai wahana pendidikan sosial politik kaum dan keagamaan kaum santri. Dari situ kemudian didirikan Nahdlatut Tujjar, (pergerakan kaum saudagar). Serikat itu dijadikan basis untuk memperbaiki perekonomian rakyat. Dengan adanya Nahdlatul Tujjar itu, maka Taswirul Afkar, selain tampil sebagai kelompok studi juga menjadi lembaga pendidikan yang berkembang sangat pesat dan memiliki cabang di beberapa kota. Didorong oleh minatnya yang gigih untuk menciptakan kebebasan bermazhab serta peduli terhadap pelestarian warisan peradaban, maka kalangan pesantren terpaksa membuat delegasi sendiri yang dinamakan Komite Hejaz, yang diketuai oleh K.H. Wahab Hasbullah. Berangkan komite dan berbagai organisasi yang bersifat embrional dan ad hoc, maka setelah itu dirasa perlu untuk membentuk organisasi yang lebih mencakup dan lebih sistematis, untuk mengantisipasi perkembangan zaman. Maka setelah berkordinasi dengan berbagai kiai, akhirnya muncul kesepakatan untuk membentuk organisasi yang bernama Nahdlatul Ulama (Kebangkitan Ulama) pada 16 Rajab 1344 H (13 Januari 1926). Organisasi ini dipimpin oleh K.H. Hasyim Asy`ari sebagai Rais Akbar.

Sumber: perpusnas.go.id

Baca juga hari penting nasioanal dan internasional bulan sebelumnya Desember. Semoga bermanfaat.

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar