Mengenal Istilah Moratorium dan Contohnya

Istilah moratorium menjadi populer setelah beredarnya isu rencana kebijakan dari MenPAN-RB, Yuddy Chrisnandi tentang moratorium PNS selama 5 tahun. Jika kita menelisik istilah kata moratorium, maka sebenarnya istilah tersebut berasal dari bidang pendidikan. Silahkan cek di Glosarium Bahasa Indonesia. Moratorium dalam bidang pendidikan misalnya surat edaran tentang penghentian sementara (moratorium) pendirian dan perubahan bentuk perguruan tinggi, serta pembukaan program studi baru. Dalam bidang kedokteran yang berkaitan dengan moratorium juga dikenal dalam istilah asing yakni, psychosocial moratorium yang memiliki makna penundaan psikososial. Kemudian ada juga dibidang ekonomi misalnya debt moratorium yang artinya penangguhan utang. Sekarang mari kita lihat istilah tersebut dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia:

Mengenal Istilah Moratorium dan Contohnya

Pengertian Moratorium

Pengertian moratorium dalam KBBI Daring sebagai berikut: "penangguhan pembayaran utang didasarkan pd undang-undang agar dapat mencegah krisis keuangan yg semakin hebat; 2 penundaan; penangguhan: negara itu memutuskan untuk memperpanjang -- uji coba senjata nuklir"
Pengertian moratorium berdasarkan KBBI Daring secara jelas sangat berkaitan dengan bidang ekonomi dan politik. Namun secara singkat istilah moratorium lebih tepat diartikan sebagai penundaan atau penangguhan karena alasan tertentu. Sebagai contoh moratorium PNS dilakukan karena beralasan untuk mengevaluasi jalannya proses pengadaan, seleksi, penempatan, serta efisiensi anggaran belanja pegawai. Sehingga akan mudah untuk melakukan audit atau penataan lembaga-lembaga pemerintahan yang ada.

Contoh Istilah Moratorium

Sejalan dengan itu, istilah moratorium nyatanya bukan hanya untuk dunia pendidikan saja seperti yang tercantum dalam Glosarium Bahasa Indonesia. Untuk mempermudah, berikut beberapa contoh istilah moratorium yang digunakan dalam beberapa bidang seperti kehutanan, perikanan, kelautan, politik, dan hukum.
  • Menjaga Hutan Kita: Pro-Kontra Kebijakan Moratorium Hutan dan Gambut (DNPI, Review buku)
  • Susi Pudjiastuti, Menteri Pertama Berani Moratorium Izin Kapal (Liputan 6, 11 November 2014)
  • Ide Moratorium TKI Jokowi Dikritik (Republika, 25 Juni 2014)
  • Polri Lanjutkan Moratorium Perizinan Senjata Api (Hukum Online, 14 Januari 2014)
  • Moratorium CPNS Tak Berlaku Bagi Guru dan Tenaga Kesehatan (Kominfo, 6 Nopember 2014)
  • Moratorium Remisi Jadi Senjata Politik (Pikiran Rakyat, 20 Oktober 2012)
Apapun itu, kalau kita perhatikan dengan deretan judul-judul diatas, maka moratorium sangat erat kaitanya dengan kebijakan. Begitu pula dengan contoh moratorium pada bidang pendidikan diatas, intinya sama berkutat pada kebijakan pula. 

Nah ngomong-ngomong tentang moratorium, jika memang benar akan dilakukan moratorium PNS selama 5 tahun, setujukah teman-teman terhadap kebijakan MenPAN-RB tersebut?

Salam,

Pustakawan Blogger

Komentar