Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan di Seluruh SKPD

Advertisement
Pengunjung blogku dari Bantul ingin tahu seperti apa contoh surat pernyataan bersedia ditempatkan diseluruh SKPD guna melengkapi persyaratan berkas mutasi PNS. Bagi PNS yang bekerja di bawah pemda kabupaten / kota dan propinsi, tentu tahu apa itu SKPD?

SKPD adalah singkatan dari satuan kerja perangkat daerah. Dalam lingkup pemerintah daerah kabupaten / kota / propinsi biasanya terdiri dari unit kerja misal badan, dinas, kantor, kecamatan, kelurahan dan rumah sakit. Untuk unit kerja yang langsung dibawah bupati / walikota atau gubernur misalnya bagian ekonomi, hukum, kesra, Asda 1, 2, 3, Sekda, dan lain sebagainya.

Menyoal contoh redaksi surat pernyataan kesediaan untuk ditempatkan di seluruh SKPD pada dasarnya pernah kita kirim ketika pemberkasan CPNS. Disana biasanya satu berkas dengan surat-surat pernyataan lainya yang dibutuhkan seperti surat pernyataan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, kemudian surat pernyataan tidak menjadi pengurus dan / atau anggota partai politik, surat pernyataan bersedia untuk tidak menuntut pindah unit kerja  / sekolah dan pindah keluar daerah selama 5 tahun, surat keterangan bebas narkoba dan lain sebagainya. Bahkan ada juga lho yang satu paket contohnya bisa dilihat dibawah ini:
Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan di Seluruh SKPD
Sebenarnya isi informasi pada surat pernyataan untuk bersedia ditempatkan di seluruh SKPD, jika dibandingkan dengan kasusku, maka telah tercantum pada surat jawaban persetujuan mutasi PNS dari instansi yang dituju. Sebagai contoh ketika saya mendapat surat jawaban mutasi itu berisi 3 point penting seperti tidak menuntut jabatan, tidak pernah atau sedang menjalani tingkat hukuman disiplin apapun dan terakhir bersedia ditempatkan dimana saja. Point terakhir inilah yang sebenarnya memiliki makna yang sama.

Jika melihat kasus pengunjung blogku yang dari Bantul itu, ada kemungkinan permintaan surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh SKPD itu bertujuan untuk lebih memperkuat dari si pengaju mutasi. Oleh karenanya harus dilampiri dengan surat pernyataan tersebut.

Berikut contoh redaksi suratnya:

SURAT PERNYATAAN BERSEDIA DITEMPATKAN DI SELURUH SKPD
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama                                      :
NIP                                         :
Pangakat/ Gol.Ruang        :
Jabatan                                   :
Instansi                                  :
Alamat                                   :
Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya bersedia ditempatkan pada semua SKPD/UPTD Pemerintah Kabupaten / kota / propinsi_________

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                                                                     ...................., ...................
                                                                                                                                       Yang membuat,
                                                                                                                                    (.......................................)

Semoga bermanfaat...

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

2 Tanggapan untuk "Contoh Surat Pernyataan Bersedia Ditempatkan di Seluruh SKPD"

Agitha Hendraswati mengatakan...

Assalamualaikum,
Kalau semisal bersedia ditempatkan di skpd provinsi jatim, berarti setelah resmi jd pns ttp bisa mengajuka mutasi dgn ttp diarea jatim kah??

murad maulana mengatakan...

Walaikuam salam

Ya bisa mba. Bahkan mutasi keluar jatimpun bisa, asal belum pernah menandatangani surat pernytaan belum beloh mutasi misal selaama 5/10 tahun