Waspadalah! Pelajari Pencuri Tas Ini Ketika Beroperasi

Advertisement
Masih teringat jelas dalam ingatanku, setahun yang lalu saya pernah kehilangan tas ketika sholat maghrib di Masjid UIN Syarif Hidayatullah. Tas itu berisi notebook, tablet, jaket dan kunci motor. Yang paling menyedihkan lagi adalah dalam notebook tersebut berisi naskah buku yang sedang saya tulis , backup foto dan data penting lainya. Sedangkan pada tablet berisi pasword penting terutama untuk account blog dan paypalku. Berhubung hari ini teman kantorku ada yang bercerita tentang kehilangan tas lengkap dengan isinya di tempat makan yang berada di dalam mall, maka saya jadi bersemangat untuk menyebarkan bagaimana cara pencuri itu mengambil tas seseorang ketika sedang makan disebuah restauran. Saya kira apa yang terjadi dengan cerita temanku itu tidak berbeda jauh dengan beberapa rekaman CCTV yang saya temukan di Youtube. Sedangkan untuk kasusku memang jauh berbeda karena terjadi dalam masjid. Oleh karena itu, ketika kita akan makan ditempat makan seperti di dalam mall, mari kita waspada dan selalu hati-hati. Bagaimana caranya?  Silahkan tonton video si pencuri sedang beraksi mengambil tas milik seorang ibu bersama anaknya. Konon kabarnya lokasinya di sebuah mall yang berada di Tangerang. Pelajari bagaimana si pencuri tas itu beroperasi tahap demi tahap. Ini bisa menjadi bahan pelajaran buat kita semua. Berikut videonya:  

 

Proses Pencuri Ketika Beroperasi
Video ini berdurasi 5.49 menit. Diambil dari sisi camera03. Sebenarnya di Youtube juga tersedia sisi camera04. Tapi kali ini saya coba analisis khusus yang sisi camera03. Didalam video tersebut ada korban seorang ibu bersama anaknya. Beberapa menit kemudian datang seorang lelaki berbaju hijau berbarengan dengan lelaki berbaju merah. Lelaki yang berbaju hijau langsung duduk di bangku tepatnya dibelakang ibu tadi yang sedang makan bersama anaknya.

Sedangkan lelaki berbaju merah memilih duduk di kursi lainya. Letaknya disamping meja yang berbaju hijau. Kalau kita amati kedua lelaki itu seolah-olah tidak saling mengenal.

Video Pencuri 1

Lelaki berbaju merah sepertinya sengaja duduk dipinggir lalu lalang orang untuk mengawasi dan sekaligus menjaga agar tidak ada orang lain yang menempatinya karena letaknya yang bersebelahan dengan meja yang dihadapi oleh lelaki berbaju hijau.

Beberapa menit kemudian, datang seorang lelaki berbaju hitam membawa tas besar. Lelaki berbaju hitam tersebut langsung duduk didepan meja yang dihadapi lelaki berbaju hijau.

Video Pencuri 2

Kita lihat aksinya, ketiga lelaki tersebut saling mengawasi. Lelaki yang berbaju hijau fokus terhadap tas korban yang diletakan disampingnya. Sedangkan lelaki berbaju merah langsung meninggalkan lokasi. Bisa jadi ini mengindikasikan pertanda sudah aman. Menunggu kesempatan yang tepat, sang lelaki berbaju hijau dengan cekatan mengambil tas korban dan langsung dioper ke temannya yang berbaju hitam lewat bawah meja. Kemudian lelaki yang berbaju hitam langsung memasukannya ke dalam tas yang sudah ia persiapkan. Keduanya secepat kilat langsung beranjak pergi.

Video Pencuri 3

Seketika sang korban baru sadar, bahwa tas yang ada disampingya telah hilang.

Mari kita analisis kasus diatas.
Sang pencuri tidak sendirian. Ia bersama teman komplotannya yang saling berbagai tugas. Ada pencuri pertama berbaju merah bertugas menjaga meja disampignya agar tidak ada orang lain yang menempatinya. Ini cerdik agar si pencuri berbaju hijau lebih leluasa. Pencuri kedua berbaju hijau fokus terhadap si korban sembari menunggu waktu yang tepat ketika lengah. Pencuri ketiga bertugas membawa tas korban yang dimasukan ke tas gendognya yang lebih besar. Ketiganya telah bekerja sama secara baik dan matang.

Kesimpulan:
  • Ketika akan makan di restauran yang berada di mall sebaiknya tas jangan diletakan disamping. Akan lebih baik diletakan di atas meja disamping makanannya.
  • Selalu waspada terhadap orang-orang yang disekliling tempat kita duduk, terutama di belakang. Di video lain kadangkala si pencuri berpura-pura sambil sibuk menelpon, sehingga seringkali korban tidak sadar. 
Video diatas dapat dijadikan pengalaman penting buat kita semua agar selalu tetap waspada. Belajar dari sang pencuri tas dalam video itu membuat kita tahu bagaimana sang pencuri beroperasi. Jangan lupa tetap hati-hati dimanapun berada. Semoga bermanfaat

Salam bloggger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waspadalah! Pelajari Pencuri Tas Ini Ketika Beroperasi"