3 Danau Sumatera dan Sulawesi Masuk Dalam 10 Danau Terindah di Indonesia

Advertisement
Salah satu berita yang saya suka pada Koran Sindo adalah berita jejak pendapat yang biasanya akan diawali dengan 10 ter- misalnya terindah, terpopuler, terbesar, dan lainya. Masih ingat dengan tulisanku dulu? Indramayu Masuk 10 Besar Produsen Batik Terpopuler di Indonesia. Itu adalah salah satu berita yang saya ambil dari koran Sindo. Kali ini, tanggal 27 November 2014 Koran Sindo membuat jejak pendapat tentang 10 danau terindah yang ada di Indonesia. 3 diantaranya berasal dari pulau Sumatera Barat dan Timur dan 3 danau lagi berasal dari Sulawesi Utara, Tengah dan Selatan.

Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 12-19 November 2014. Seperti biasa untuk metode pengumpulan data dengan wawancara via telepon. Adapun responden berjumlah 400 orang dan berasal dari kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Makassar, Manado, Batam, Bali dan Medan. Berikut chart 10 danau terindah di Indonesia:


  1. Danau Toba Provinsi Sumatera Utara, luas 1.130 km dengan presentase 17%
  2. Danau Singkarak Provinsi Sumatera Barat, luas 107,8 km dengan presentase 14%
  3. Danau Tondano Provinsi Sulawesi Utara, luas 48 km dengan presentase 12%
  4. Danau Minanjau Provinsi Sumatera Barat, luas 99,5 km dengan presentase 11%
  5. Danau Tiga Warna (Kelimutu) Provinsi Nusa Tenggara Timur, luas Tiwu Ata Polo 4 Ha, luas Tiwu Ata Mbupu 4,5 Ha, dan luas Twu Nuwa Muri 5,5 Ha dengan presentase 10%
  6. Danau Poso Provinsi Sulawesi Tengah, luas 323,2 km dengan presentase  9%
  7. Danau Sentani Provinsi Papua, luas 110 km dengan presentase 8%
  8. Danau Towuti Provinsi Sulawesi Selatan, luas 561,1 km dengan presentase 8%
  9. Danau Labuan Cermin Provinsi Kalimantan Timur, luas 2 hektare dengan presentase 6%
  10. Danau Gunung Tujuh Provinsi Jambi, luas 9,6 km dengan presentase 4%
  11. Danau lain-lain 1%
Melihat presentase diatas, Danau Toba adalah danau terindah bahkan menurut saya bisa dibilang danau terpopuler karena sejak kecil salah satu danau yang saya tahu adalah Danau Toba. Belum lagi kalau dilihat dari luasnya, Danau Toba memiliki luas yang paling besar diantara 10 danau tersebut.

Dari jejak pendapat diatas, ada dua danau yang memiliki presentase sama, yakni 8%. Danau tersebut adalah Danau Sentani yang terletak di Provinsi Papua dan Danau  Towuti yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan.

Ada 3 danau yang masuk dalam Pulau Sumatera. Satu danau berasal dari Provinsi Sumatera Utara yaitu Danau Toba dan 2 danau lagi berasal dari Provinsi Sumatera Barat yaitu Danau Singkarak dan Danau Minanjau. Bahkan dua danau dari Sumatera Utara dan Barat itu masuk dalam urutan 3 besar danau terindah.

Selain 3 danau yang berasal dari provinsi Sumatera Barat dan Timur, ada juga 3 danau lagi berasal dari Sulawesi Utara, Tengah dan Selatan. Adapun ketiga danau tersebut adalah Danau Tondano, Danau Poso dan Danau Towuti.

Bagaimana dengan Provinsiku Jawa Barat? Sayang sekali tidak masuk dalam 10 besar danau terindah yang ada di Indonesia. Semua danau yang masuk dalam 10 danau terindah itu berasal dari provinsi luar Jawa.

Bagaimana kawan-kawan? Apakah dari 10 danau itu sudah pernah ada yang mengunjunginya? Saya sendiri belum semuanya (he..2). Semoga suatu saat saya bersama keluarga dapat mengunjungi salah satu dari 10 danau tersebut. Amin. Aku Cinta Indonesia.

Oh iya jangan lupa, selain danau, Indonesia juga memiliki tempat wisata menarik lainya seperti candi. Baca disni: Candi-Candi di Indonesia

Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Danau Sumatera dan Sulawesi Masuk Dalam 10 Danau Terindah di Indonesia"