11 Pertanyaan Umum Tentang Mutasi PNS

Advertisement
Sejak saya menulis artikel tentang tips mutasi PNS, maka sejak saat itulah banyak teman-teman PNS yang ingin bertanya dan berdiskusi lebih lanjut mengenai hal itu. Kalau saya list, pertanyaan pokok yang didiskusikan sebagian besar memiliki tema yang mirip atau hampir sama. Untuk itu, saya mencoba merangkum semua pertanyaan yang masuk menjadi 11 garis besar pokok bahasan. Anggap saja seperti FAQ (Frequently asked questions). Namun demikian, pertanyaan yang saya jawab ini bukanlah suatu hal yang pasti benar karena saya bukanlah ahli dibidang mutasi PNS. Saya hanya menjawab berdasarkan pengalaman sendiri dengan dipadukan apa yang saya baca misalnya seperti dokumen-dokumen pemerintah tentang peraturan mutasi PNS. Kedepan bila ada pertanyaan yang berbeda, besar kemungkinan akan saya tulis kembali misalnya menjadi 11 pertanyaan umum tentang mutasi PNS bagian 2.

11 Pertanyaan Umum Tentang Mutasi PNS

Berikut 11 pertanyaan dari teman-teman terutama para pengunjung blogku yang berkaitan dengan mutasi PNS. Bagi teman-teman yang ingin menambahkan bisa ditulis di kolom komentar.

1. Berapa biaya mutasi PNS?
Sebenarnya biaya mutasi PNS itu tidak ada alias gratis. Kalau kabar yang dihembuskan selama ini harus membayar dengan sejumlah uang tertentu, maka biasanya itu ulah para oknum dan memang kenyataanya masih ada. Kalaupun harus mengeluarkan duit, maka biasanya terkait administrasi ringan, biasalah apa yang sering kita sebut sebagai "uang rokok atau uang lelah". Itu juga besarannya terserah si pemberi jika pekerjaanya telah selesai. Padahal sejatinya ini tidak dibenarkan karena itu memang sudah tugas mereka. Namun demikian, mungkin hal tersebut karena faktor budaya yang sudah mengakar saja.

2. Bagaimana syarat dan prosedur mutasi PNS?
Untuk mengetahui syarat dan prosedur PNS sebaiknya baca baik-baik informasi disetiap instansi yang dituju. Secara garis besar, memang prosedur mutasi PNS itu memiliki persyaratan yang sama. Kalaupun berbeda biasanya terjadi pada kurangnya kelengkapan persyaratan dokumen yang diwajibkan dari instansi tersebut. Sebagai gambaran misalnya anda ingin mutasi PNS ke daerah Tangerang Selatan. Silahkan baca prosedurnya di website BKD Tangsel (sekarang BKPP). Biasanya disana akan tersedia secara jelas alur dan prosedurnya. Bahkan saya pernah menulisnya diblog ini yang bersumber pada BKD Tangsel. Silahkan baca disini: Prosedur dan Syarat Mutasi PNS ke Kota Tangsel. Oleh karena itu, seringkali saya bilang sebelum melakukan mutasi carilah informasi sebanyak-banyaknya ke instansi yang berkaitan dengan kepegawaian dalam hal ini BKD yang ada disetiap daerah baik kabupaten, kota, maupun propinsi. Untuk kementerian dan LPNK silahkan datang ke bagian kepegawaiannya masing-masing. Konsultasi juga bisa dilakukan pada tingkat pusat misal BKN (Badan Kepegawaian Negara).

3. Seperti apa contoh surat mutasi PNS (lolos butuh)?
Pertanyaan tersebut banyak dicari teman-teman yang ingin melakukan mutasi PNS.  Oleh karenanya seringkali pula teman-teman PNS yang meminta untuk mengirimkan contoh suratnya via email. Sebenarnya saya sudah menuliskannya di blog ini. Silahkan baca disini: Contoh Redaksi Surat Mutasi PNS (Lolos Butuh)

4. Saya masih CPNS, bolehkah jika saya mengajukan mutasi PNS?
Jelas belum boleh. Lebih baik tunggu saja dulu minimal hingga dua tahun. Itupun kalau tidak menandatangani surat pernyataan tidak boleh pindah / mutasi selama 5 tahun.

5. Saya telah menandatangani surat perjanjian tidak boleh mutasi selama 5 tahun, bisakah jika saya mengajukan mutasi PNS?
Secara jelas dan gamblang dalam surat pernyataan itu tidak boleh. Tetapi kalau penasaran dicoba saja, barangkali bisa lolos.

6. Bisakah istri mutasi PNS ikut suami yang bekerja sebagai wiraswasta atau pegawai swasta?
Bisa. Buktinya teman saya yang pindah ke Jawa Timur padahal baru jadi PNS dua tahun. Suaminya seorang wiraswasta. 

7. Berapa lama proses mutasi PNS itu?
Tergantung para staf kepegawaian yang mengurusnya. Tiap daerah pasti berbeda. Pengalaman saya membutuhkan hingga 6 bulan.  Kadang-kadang ada saja pegawai yang lupa ingatan.

8. Hal pertama apa yang harus dilakukan ketika berkeinginan untuk mutasi PNS?
Cari tempat intansi yang akan dijadikan untuk mutasi. Cari informasi sedetail-detailnya. Bisa dari teman, website atau dengan mengunjungi langsung.

9. Apa alasan mutasi PNS?
Alasan yang sering adalah ikut suami. Ada juga karena ingin meningkatkan jenjang karir. Kemudian ada juga kerena jauh dari keluarga terutama orang tua yang sudah renta dan tidak ada yang menjaganya. Alasan lain bisa karena harus berobat jalan sedangkan rumah sakitnya jauh. Selain itu jarak tempuh yang jauh juga bisa dijadikan alasan untuk mutasi. Kalau saya dulu melakukan mutasi PNS agar dapat berkumpul dengan keluarga istri dan anak.

10. Bisakah mutasi PNS jika masih ada sangkut paut hutang bank?
Kalau yang ini seharusnya bisa, selama gajinya tidak minus. Gaji PNS yang sudah mutasi hanya dipindahkan saja ke kantor baru. 

11. Apa saja dokumen yang diperlukan untuk mutasi PNS? 
Secara umum dokumen yang diperlukan sebagai berikut:
  • Surat pengajuan mutasi PNS dan pas photo terbaru (ditujukan ke instansi yang akan dijadikan tempat mutasi ketika pengajuan awal)
  • Daftar Riwayat Hidup
  • Foto kopi SK terakhir
  • Foto kopi SK CPNS
  • Foto kopi kartu Pegawai
  • Foto Kopi DP3 / SKP 2 tahun terkahir
  • Foto kopi surat tugas suami / sk suami (jika alasannya pindah ikut suami)
  • Foto copy Ijazah dan transkrip
  • Surat pernyataan tidak sedang sangkut paut hutang piutang (jika dibutuhkan)
  • Surat keterangan sedang tidak tugas/ijin belajar (jika diperlukan)
  • Surat pernyataan bersedia ditempatkan diseluruh SKPD (jika diperlukan)
  • Surat pernyataan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang / berat (jika diperlukan)
Itulah 11 pertanyaan umum yang sering diajukan oleh teman-teman terkait mutasi PNS. Semoga bermanfaat

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

22 Tanggapan untuk "11 Pertanyaan Umum Tentang Mutasi PNS"

Wandi Mawardi mengatakan...

saya ingin bertanya aturan tentang lamanya waktu penangguhan penempatan mutasi PNS dari tempat lama ke tempat baru... misal dalam SK Mutasi diperintahkan paling lambat bekerja di tempat baru 15 Des 2014... pertanyaannya berapa lama batas waktu penangguhannya terhitung dari tanggal 15 des 2014 tersebut?
terima kasih

murad maulana mengatakan...

Wandi: Setahu saya tidak ada aturan yang terkait. Begitu sudah ada SK tertera tgl mulai bekerja di kantor baru, maka sebaiknya langsung bekerja sesuai di tgl yang adaa di SK. Kalaupun ada, penglaman saya hanya diberi waktu satu minggu untuk membereskan pekerjaan lama. Itu juga kebijakan dari atasan dikantor yang baru itu.

Atau apabila ada teman2 PNS yang mengetahui terkait aturan batas waktu penangguhan, mohon dikasih tahu ya. Terima kasih

Puspa Mawar mengatakan...

Bagaimana jika dalam surat pernyataan perjanjian kerja di salah satu universitas, ada pasal yang mewajibkan cpns atau pns bertugas dan tidak akan mengundurkan diri atau mengajukan pindah universitas atau instansi lain minimal 20 tahun. Jika menyalahi pasal tersebut harus membayar denda 200juta ke universitas. Apakah jika ingin mutasi ke universitas lain karena ikut suami yang swasta artinya harus tetap membayar 200juta? Lalu bagaimana mekanisme pembayarannya apakah dengan pemotongan gaji per bulan?
Dalam pasal di perjanjian tersebut juga tidak ada keharusan bekerja minimal 5 tahun, apakah ada aturan lain yg mengikat pns harus mengabdi selama 5 tahun? Mohon sharing pengalamannya.. Terima kasih

murad maulana mengatakan...

Puspa: Sesuai perjanjian, logikanya tetap harus membayar mba puspa. Untuk mekanisme pembayaran saya kira ada dalam surat perjanjian tersebut. Keharusan bekerja minimal 5 tahun itu tiap daerah akan berbeda mba. Seperti saya ketika baru menjadi cpns, tidak menandtangani surat perjanjian misal tidak boleh mutasi setelah 5 tahun. Jadi, ada kebebasan. Disisi lain, untuk daerah lain semua cpns harus menandatangani surat tidak boleh mutasi selama 5 tahun. Bahkan ada juga yang menandatangai jika mengundurkan diri dari cpns harus membayar denda (jika masih cpns).

pepatahh hikmahh mengatakan...

SK Mutasi saya sdh diterima dari BKN. Karena istri (PNS) dan anak anak saya 4 orang tidak mau.ikut pindah antar propinsi antar pulau.
Bisakah SK Mutasi Pindah saya tersebut dibatalkan dan saya kembali ke tempat semula ?? Bagaimana cara nya ??

murad maulana mengatakan...

pepatahh hikmah: wah sepertinya harus ditanyakan langsung ke BKN nya. Karena jujur, saya baru menemui kasus kaya mas ini. Mohon maaf belum bisa share pengalaman tentang itu.

IWAN IRAWAN mengatakan...

Saya sekarang sedang mengikuti Tugas Belajar..kemaren saya dapat berita kalau saya dimutasi ke dinas lain..sedangkan diperjanjian kontrak saya..saya bersedia ditempatkan di instansi asal saya..saya bingung dengan kinerja BKD..padahal di SK TuBEL saya sudah menjelaskan..mohon petunjuknya

Ata Ta mengatakan...

kalau masih punya hutang ( di bank ) tapi ingin mutasi ke provinsi lain gimana ya? padahal kan di salah satu persyaratan mutasi ada surat pernyataan tidak sedang tersangkut paut dgn masalah utang piutang

murad maulana mengatakan...

Mba Ata: Kalau memang ada list peraturannya, berarti tidak ada cara lain kecuali melunasi dulu.

fendi dayanto mengatakan...

Asslkm Mas Murad, perkenalkan nama saya Fendi. Saya asli jatim sekarang di padang pariaman sumbar, pengen mutasi ke jatim atau di pulau jawa ajalah, syarat pindah hrus ada pengganti klu mgkin tmn mas murad atau pembaca ada yg mau tukeran tmpt kerja ke padang hub saya ya...saya guru b.inggris di sekolah level SMK dibawah kementerian pusat KKP, nama sekolahnya SUPM Pariaman. Hub saya di dayantofendi@gmail.com

Maya Carlina mengatakan...

Salam mas,
Saya Mya, dari Aceh. Mau nanya mungkin ada pngalaman, kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan BKN untuk mengeluarkan SK pindah? Mas dlu brapa lama ya? Trims

isdiyanti anti mengatakan...

Assalamualikum mas..
Saya mau tanya, saya skr PNS di jkt dan ingin mengusulkan mutasi ke bengkulu dengan alasan ikut suami. Sudah ada posisi d kntor yg dituju. Tpi kntor asal blm mau melepas dikarenakn belum 5 tahun. Skr saya bru 3 tahun. Apakah ada aturan terbaru ttg mutasi? Apakah perjanjian 5 tahun mutlak hrus dipenuhi? Semntara banyak teman2 di instansi lain bisa pindah meski baru 2 tahun kerja...

murad maulana mengatakan...

Isdiyanti: Sepengetahuanku, berarti ibu isdi menandatangi surat perjanjian gak boleh mutasi selama 5 tahun ketika jadi cpns ya? Memang tiap daerah aturannya akan berbeda-beda. Ada yang 3 tahun juga. Sementara kasus di daerahku tidak ada perjanjian gak boleh mutasi ketika baru jadi pns. Bahkan temanku baru setahun, sudah bisa pindah ke jawa timur ikut suami yang wirausahawan. Menurutku, klo memang BKD harus demikian, sepertinya memang harus tunggu sampai 5 tahun. Atau barangkali ibu isdi tetap mau mencobanya dulu mengajukan?

Novi Ulfatin mengatakan...

mas..barangkali ada info..sy sedang mengurus mutasi dr sulteng ke jabar.sudah ada lolos butuh dr sekolah tujuan.pas dbawa k BKD jabar,mrka minta surat mutasi dr dinas n BKD sulteng baru mau mengeluarkn lolos butuh..apakh mmg ada yg begitu prosesnya?krn info yg sy baca dan dapatkn harusnya lolos butuh dr pemda tujuan baru persetujuan dr tmpt asal..jujur saya khawatir,kalau sdh dilepas terus ternyata pemda tujuan tdk ada penempatan bagaimana?

murad maulana mengatakan...

Novi: Ya, sepengetahuan dan pengalamanku begitu. Surat jawaban dr tempt tujuan terlebih dahulu karena kita ngirim ke tempat tujuan masih secara pribadi. sebaiknya pastikan dulu bu novi, jangan sampai sulteng sudah melepas, jabar belum menerima

esempetiga gibes mengatakan...

Assalamu'alaikum pak murad...
langsung saja, yg ingin saya tanyakan: 1.apakah ada batasan berapa kali seorang PNS boleh mengajukan mutasi?
2.jika seorang PNS sdh pernah mutasi kemudian ingin mengajukan mutasi kembali ke instansi lain prlu waktu brp thn untuk diijinkan mengajukan mutasi kembali?
Mohon infonya..terimakasih...

Heri Setiyono mengatakan...

baca tulisannya mas murad jadi semangat untuk mutasi. saya guru pns jauh dari anak isteri tugasnya, anak isteri di jogja saya di bogor. Kalau mengajukan mutasi bersamaan dengan mengajukan naik tingkat bisa gak ya mas? atau harus pilih salah satu..

Agung Sentosa mengatakan...

Salam sukses mas, mau tanya apakah kita bisa mutasi namun beda kementerian seperti dari kementerian hukum dan ham ke kementerian luar negeri? Mohon penjelasannya

murad maulana mengatakan...

esempetiga gibes:
1. Setahu saya tidak ada.
2. Kalau yang ini setahuku kebijakan tiap instansi. Hanya saja, kalau baru mutasi kemudian mutasi lagi sepertinya ada rasa gak enak. Gitu.

Heri: maksudnya naik tingkat itu apakah naik pangkat? Kalau iya, pengalamanku dulu saya mengajukan naik pangkat dulu, baru kemudian melakukan mutasi. Biar gak kerja dua kali saja pas diinstansi baru. Itu saja sih alasanku.

Agung: Bisa banget mas sepanjang instansi yang dituju menerima dan instansi yang lama melepas. Mutasi diantaranya:
Pemindahan antar Kabupaten / Kota dalam satu Propinsi ;
Pemindahan dari Kabupaten / Kota ke Propinsi atau sebaliknya ;
Pemindahan antar Kabupaten kota luar Propinsi ;
Pemindahan dari Kabupaten / Kota atau Propinsi ke Pusat atau sebaliknya ;
Pemindahan antar unit kerja dalam satu instansi

Klo mas Agung kasusnya mutasi antar kementerian. Teman-teman saya banyak yang pindah misal dari LPNK ke kementerian atau sebaliknya atau kementerian ke kementarian. Prinsipnya, ada yang menerima dan ada yang melepas.

Agustin Rongalaha mengatakan...

Assalamualaikum mas
Mohon infonya...
Apa yg menjadi dasar rujukan pindah titipan teman mas yg ktanya ikut suami yg kerja wirasawasta? Soalnya berkas sya msih telaah staf, jdi hawatir krna ktanya tidak ada aturan yg mendukung

Agustin Rongalaha mengatakan...

Salam kenal, mas mau tanya apa aturan yg dijadikan dasar teman mas pindah ikut suami yg bukan pns/tni polri. Dlam artian pindah titipan ya, bukn mutasi tetap. Makasih

murad maulana mengatakan...

Agustin: telaah staf berarti masih dalam analisis dan penilaian bu