Membuat Telur Asin Alami Warisan Babeh

Advertisement
Telur asin dibuat dari telur bebek. Masih membekas dalam ingatanku bagaimana cara membuat telur asin alami yang saya sebut ini sebagai ilmu warisan babeh. Saat SMP hingga SMA saya pernah menjadi peternak bebek dibelakang rumah. Tidak banyak jumlahnya, sekitar 7 bebek dengan komposisi satu pejantan dan sisanya betina. Bebek ini saya teteskan dari telur yang dieramkan oleh ayam. Jadi, saya pelihara bebek ini dari kecil hingga besar. Telur ayam yang asli saya ganti dengan telur bebek. Sehingga saat menetas semuanya bukan lagi anak ayam melainkan itik (anak bebek). Selain bebek saya juga berternak ayam serta entog dan menurutku ini salah satu peluang usaha di desa yang patut dicoba.

Bebek - myuphoto.blogspot.com

Pasti anda bertanya kenapa tidak diteteskan oleh bebek betina? Karena bebek betina tidak pernah mengerami telur dan tidak ada sejarahnya ada bebek betina mengerami telurnya hingga menetas. Oleh sebab itu, saya harus menetaskan telur bebek melalui cara tradisional misalnya dengan induk ayam betina atau entog. Sebenarnya ada cara yang lebih modern misalnya dengan pemanas suhu buatan, akan tetapi saya tidak mempunyai alat tersebut. Lagi pula dengan adanya ayam dan entog ini bisa saya manfaatkan tanpa harus mengeluarkan modal untuk membuat alat itu.

Dalam beternak bebek ada teknik tertentu yang harus diperhatikan. Misalnya gizi makanan yang harus diberikan saat sedang bertelur. Kalau kita memberi makan seadanya tentu bebek akan susah untuk bertelur setiap hari. Bebek memang unggas yang menurut saya unik karena ada masa subur bertelur dan tidak bertelur, dalam istilah jawa 'mbrodoli'. Biasanya akan ditandai dengan banyaknya sayap bebek yang lepas. Untuk makanan bebek yang istimewa, saya paling rajin memberinya bekicot sebagai gizinya.

Selain makanan, tempat untuk bersantai bebek juga perlu diperhatikan. Dibelakang rumah saya sediakan kolam yang luas disertai dengan makanan sehari-harinya. Selebihnya saya bebaskan bebek untuk mencari makanan sendiri ke sawah-sawah.

Tips Cara Mudah Membuat Telur Asin Alami
Untuk membuat telur asin yang alami tentu memerlukan waktu yang lama. Saat ini beredar telur asin palsu dengan pembuatannya yang instan misalnya dengan menyuntikan zat kimia pada telur bebek. Nah tips saya ini dijamin alami yang saya dapatkan dari babeh ketika masih hidup. Babeh saya sering membut telur asin dari telur-telur bebek pilaharaanku. Berikut tips dan proses membuatnya:
  • Sediakan bahan-bahan pokok seperti telur bebek secukupnya misal dua puluh biji. Cuci yang bersih ya, jangan lupa lap hingga kering.
  • Sediakan ember sedang kemudian isikan dengan abu bekas sisa-sisa kayu bakar. Saya sendiri diambil dari pawon milik emaku yang digunakan untuk memasak setiap hari.
  • Sediakan garam mentah yang masih murni sebanyak tiga kepal tangan dewasa lalu larutkan dengan air misal sebanyak satu liter. Lalu siramkan ke ember yang berisi abu dan aduk hingga merata
  • Tanamkan telur-telur bebek kedalam ember yang berisi abu gosok yang sudah tercampur garam tadi hingga dalam dan tidak terlihat dari permukaan.
  • Diamkan selama 40 hari.
  • Jika sudah angkat telur bebek dan bersihkan dari abu gosok lalu rebuslah.
  • Biasanya telur asin yang bagus dan berhasil ditandai dengan kuning telur yang "ngelenga" (berminyak).
  • Telur asin yang dibuat diatas Insya Allah tahan hingga satu bulan.
Telur Asin
Itulah proses cara membuat telur asin yang alami warisan babehku. Membuat telur asin alami memang lama. Resep dari bebehku bahkan mendiamkan telur bebek didalam ember hingga 40 hari.  Bisa dibayangkan memakan telur asin buatan sendiri bisa menunggu waktu sebulan lebih. Tapi ketika dimakan rasanya puas lho (he..2). Tertarik mau mencoba?

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat Telur Asin Alami Warisan Babeh"