Sarapan Pagi Cegah Obesitas Pada Anak

Advertisement
Ternyata sarapan pagi dapat mencegah obesitas pada anak loh. Bagaimana ini bisa terjadi? Seperti dilansir detik, menurut Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Guru Besar Bidang Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), bahwa sekitar 36% biasanya anak yang sebelum berangkat ke sekolah tidak sarapan, maka akan makan dua kali lebih banyak ketika makan siang atau malam. Tidak hanya itu, tidak sarapan pagi juga dapat membuat konsentrasi anak terganggu karena lapar akibatnya mudah mengantuk dan tidak bisa fokus dalam pelajaran yang diajarkan guru.

Prof Hardinsyah mengatakan apabila tidak sempat sarapan pagi dirumah, maka orang tua bisa membawakannya bekal seperti buah-buahan misalnya pisang atau jeruk. Selain itu roti sebagai asupan karbohidratnya.
Sarapan Pagi Cegah Obesitas Pada Anak
Tetapi ingat, serapan pagi terlalu banyak juga tidak baik karena akan dapat membebani sistem pencernaan. Apalagi jika jenis makanan yang dimakan termasuk makanan berat. Selain itu dapat juga mengkibatkan obesitas pula. Jadi, tidak sarapan pagi untuk anak dapat mengakibatkan obesitas. Sedangkan sarapan pagi untuk orang dewasa yang terlalu banyak juga akan dapat menyebabkan obesitas bahkan dalam jangka panjang bisa memacu penyakit kencing manis (diabetes melitus), terlebih jika jarang olah raga alias pola hidup tidak sehat.

Kalau demikian, bagaimana makan yang baik itu? Menurut Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH dalam Health Kompas, bahwa sebaiknya kita makan itu sehari namun dalam porsi sedikit, lebih sering, dan lebih lama mengunyahnya. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu juga mengatakan bahwa pola makan seperti itu sudah dianjurkan oleh agama seperti yang tersirat dalam Al-Qur'an dan hadist.
"Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-A’raf: 31).
Isilah perutmu sepertiga makanan, sepertiga minum dan sepertiga untuk nafasnya. (HRTirmidzi)
Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sarapan Pagi Cegah Obesitas Pada Anak"