Mengenal Desaku Ujung Jaya Kecamatan Widasari

Advertisement
Sungguh sebuah kebahagiaan yang tak terkira, ternyata desa kelahiranku Ujung Jaya, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu begitu lengkap dijelaskan disalah satu catatan harian blog Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa (KKNM) Universitas Padjajaran Tahun 2014. Saya tidak menyangka melalui blog tersebut saya bisa mengetahui informasi yang berkaitan dengan kondisi desa Ujung Jaya mulai dari kondisi pemerintahan desanya, pendidikan, kesehatan, agama, budaya hingga potensi-potensi yang bisa dikembangkan untuk desaku tercinta itu. Masyarakat luar sekarang bisa mengenal desaku melalui blog KKNM yang informatif. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa Unpad "The Ujjay’14" yang telah bersedia melakukan KKNM didesaku. Semoga hasil yang sudah didokumentasikan melalui blog ini dapat bermanfaat sehingga semua informasi tersebut bisa menjadi rujukan dan bahan evaluasi demi kemajuan desa Ujung Jaya.

Mengenal Desaku Ujung Jaya Kecamatan Widasari

Harapan saya semoga selanjutnya pemerintah desa Ujung Jaya bisa mengembangkan semua informasi tersebut ke dalam domain khusus tersendiri milik desa ujung Jaya. Sebagaimana kita ketahui, untuk sekarang ini tersedia domain khusus dengan ekstension desa.id. Saya memimpikan suatu saat desa Ujung Jaya juga memiliki situs resmi yang berisi segala informasi mengenai aktivitas desa Ujung Jaya seperti desa Majasari Kecamatan Sliyeg (www.majasari.desa.id). Website resmi milik desa Majasari tersebut sangat informatif dan penuh manfaat walaupun hanya dengan menggunakan hosting blogger milik Google. Inilah yang bisa diambil pelajaran penting, segala keterbatasan bisa disiasati dengan sumber daya gratis yang ada di internet.

Sebenarnya selain desa Ujung Jaya, desa lainya yang ada dikecamatan Widasari juga masuk dalam kegiatan KKNM seperti desa Kasmaran, Leuwigede, Ujung Pendok Jaya, Bunder, Kalensari, widasari, dan Bangkaloa Ilir. Semuanya itu bisa diakses disini. Saya sudah memeriksa semua desa itu, namun tampaknya untuk blog teraktif ini adalah desa Ujung Jaya.

Silahkan bagi teman-teman yang ingin mengenal lebih dekat tentang desaku Ujung Jaya kecamatan Widasari bisa membacanya di Blog KKNM Unpad disini. Yang lebih bangga lagi ternyata dalam kegiatan KKNM itu ada kegiatan sosialisi Perpustakaan Digital walaupun saya meyakini tingkat keterpakaiannya belum seperti yang diharapkan, tetapi saya yakin suatu saat warga desa Ujung Jaya akan melek informasi melalui internet salah satunya dengan pengenalan perpustakaan digital ini bisa menjadi pionir untuk memulainya.

Hasil mengenai KKNM desa Ujung Jaya ini selanjutnya akan saya buat dalam bentuk e-book berformat pdf sekaligus sebagai dokumentasi pribadi sehingga ini bisa juga dibaca oleh masyarakat luas tanpa harus melalui jaringan internet. Cukup dengan menggunakan software pembaca file PDF seperti Adobe atau Foxit Reader, browser Google Chrome, Kingsoft Office, dan lainya. 

Kehadiran blog KKNM PPMD Integratif Universitas Padjajaran 2014 ini benar-benar sangat bermanfaat dan saya membayangkan jika setiap mahasiswa dari universitas manapun yang melakukan kegiatan KKN melaporkan hasil kegiatannya dengan mempublikasikanya melalui sebuah blog, niscaya kita akan dengan mudah mengenal semua desa yang ada di Indonesia pada umumnya, baik dari segi budaya, ekonomi, kesehatan, agama, pendidikan dan pemerintahan desanya. Ini adalah sebuah kekayaan konten lokal tiap daerah yang sangat berharga. Percayalah.....

Salam pustakawan blogger  

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Desaku Ujung Jaya Kecamatan Widasari "