Mendaftar CPNS 2014 Tidak Harus Sesuai Jurusannya

Advertisement
Mendaftar CPNS biasanya akan selalu dikaitkan dengan jurusan program studinya. Misalnya seorang teman lulusan sarjana tertentu ketika saya tanya kenapa tidak coba daftar CPNS? katanya tidak ada alokasi formasi untuk jurusannya. Wah, kenapa tidak coba daftar yang kualifikasi pendidikannya memang diperuntukan untuk S1 semua jurusan. Lantas, temanku bertanya lagi penasaran. "Emang ada ya?"

Mendaftar CPNS 2014 Tidak Harus Sesuai Jurusannya
Gambar: menpan.go.id
Kasus diatas adalah salah satu contoh bahwa untuk sekarang pendaftaran CPNS 2014 tidak mengharuskan sesuai dengan jurusannya saat dia kuliah. Saat ini, kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian (LPNK) juga mengalokasikan jabatan CPNS dengan syarat pendidikan terakhir untuk semua jurusan. Bahkan tidak hanya untuk S1, juga tersedia untuk jenjang SLTA, SMK, dan DIII. Silahkan bagi yang berminat bisa baca daftar formasi CPNS 2014 yang memang diperuntukkan untuk semua jurusan (bebas) disini. Akan tetapi itu untuk kementerian lho. Untuk Lembaga pemerintah non kementerian (LPNK), saya belum merincinya. Namun demikian, teman-teman bisa mengecek sendiri langsung di panselnas.menpan.go.id

Selain di kementerian dan LPNK, instansi pemerintah provinsi / kabupaten / kota juga menyediakan alokasinya lho. Misalnya saja di provinsi Jawa Barat yang membuka lowongan jabatan sebagai Penyuluh Sosial Pertama dengan kualifikasi pendidikan S1/ D IV Semua Jurusan. Kemudian Peneliti Pertama yang di tempatkan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah juga Auditor Pertama yang ditempatkan di Inspektorat Jawa Barat. Jabatan lainya misalnya Penggerak Swadaya Masyarakat. Contoh lainya misalnya dikabupaten Bekasi seperti Analis Kebijakan pertama dan Perencana pertama. Di Sleman Yogyakarta misalnya Penyuluh Keluarga dan masih banyak yang lainya.

Jadi, sekali lagi saya ingatkan bagi teman-teman yang tidak ada alokasi formasi CPNS 2014 sesuai jurusannya, silahkan mendaftar di jalur yang memang diperuntukan khusus untuk semua jurusan (bebas).

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mendaftar CPNS 2014 Tidak Harus Sesuai Jurusannya "