Tahun 2015 Gaji PNS Naik 6 Persen

Advertisement
Walau kenaikan gaji PNS dari tahun ke tahun tidak pernah lebih dri 10%, tapi harus diakui salah satu berita inilah yang biasa di tunggu-tunggu oleh sebagian para PNS. Kompas memberitakan bahwa untuk tahun 2015 gaji pns naik 6 persen. Kenaikan ini mencakup juga uang makan. Kenaikan gaji ini tentunya termasuk TNI / Polri. Hal ini dinyatakan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung di Jakarta, bahwa sesuai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015, maka pemerintah akan menaikkan gaji pegawai negeri sipil (PNS) sebesar 6 persen. Ungkapan senada juga disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri, bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan pemerintahan yang efektif maka gaji PNS dan TNI/Polri naik 6 persen.

PNS

Menurut Chairul Tanjung, kenaikan gaji dan uang makan PNS itu mengikuti laju inflasi sehingga jika tidak dinaikan, maka akan menganggu kesejahteraan mereka. Dikatakan selisih antara inflasi dan kenaikan gaji pns berkisar 1 persen. Jadi, apabila inflasi sekitar 5 persen, maka gaji pns menjadi 6 persen.

Dikatakan CT, selain gaji pokok, kenaikan juga terjadi pada uang makan pns dan TNI/Polri. Sebagai contoh di tahun 2015 uang makan pns diprediksikan menjadi Rp.30.000. Sedangkan untuk TNI/Polri menjadi Rp.50.000.

Bagaimana dengan para pensiunan? lebih lanjut menurut mentri keuangan tersebut, bahwa kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS), TNI, dan Polri ini juga berlaku untuk para pensiunan, namun hanya 5 persen.

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahun 2015 Gaji PNS Naik 6 Persen"