Buku Biografi Anies Baswedan

Advertisement
Buku biografi tentang Anies Baswedan memang belum banyak dituliskan. Namun saya yakin, kedepan akan mulai banyak penulis-penulis yang tertarik untuk menggoreskan perjalanan hidup sang rektor termuda tersebut.
"Anak muda menulis mimpi orang tua menulis biografi". Itulah sepengggal kicauan yang pernah dilontarkan Anies Baswedan di account twitter-nya. Ia merasa perjalanan hidupnya belum pantas untuk dibukukan dalam bentuk buku biografi. Oleh karenanya ia berseloroh ia merasa "mendadak tua".

Terkait hal itu, seperti yang saya bilang pada artikel sebelumnya tentang biografi bahwa, informasi dalam buku biografi biasanya akan mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya. Subjek dalam penulisan biografi mengarah kepada orang-orang besar atau tokoh terkenal yang mempunyai banyak jasa, karya ataupun pemikirannya yang banyak bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Sekarang bagaimana dengan Anies Baswedan? Layakah kisahnya di biografikan? Menurut hemat saya, ia memang layak untuk di biografikan. Mengapa? karena beliau telah memberikan banyak inspirasi kepada kaum muda yang ada di Indonesia. Pemikiranya telah banyak bermanfaat untuk bangsa Indonesia. Sebagai contoh adalah Gerakan Indonesia Mengajar yaitu dengan mengirimkan anak-anak muda terbaik bangsa (Pengajar Muda) untuk mengajar di Sekolah Dasar (SD) di daerah terpencil. Kemudian Gerakan Indonesia Menyala yaitu menggerakkan ratusan orang dan institusi untuk mengirimkan buku dan membentuk perpustakaan di daerah-daerah.

Buku biografi tentang Anies Baswedan memang belum banyak dituliskan. Namun saya yakin, kedepan akan mulai banyak penulis-penulis yang tertarik untuk menggoreskan perjalanan hidupnya. Sampai saat ini memang jumlahnya masih terbatas. Ada dua buku biografi khusus tentang sang rektor termuda ini. Berikut daftar judul buku tersebut. Jika ada yang baru insya Allah akan saya update secepatnya.

Melampaui Mimpi Anies Baswedan @Twitterland
Image: gradschool.paramadina.ac.id
Judul: Melampaui Mimpi Anies Baswedan @Twitterland 
Pengarang: Syafiq Basri
Penerbit: Mizan
Tahun Terbit 2014

Melunasi Janji Kemerdekaan: Biografi Anies Rasyid Baswedan
Judul: Melunasi Janji Kemerdekaan: Biografi Anies Rasyid Baswedan 
Pengarang: Muhammad Husnil
Penerbit: Zaman (Serambi Group)
Tahun Terbit: 2014

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Buku Biografi Anies Baswedan"