Informasi Perbandingan Daya Tampung Program Studi Untuk Ujian SNMPTN

Kemarin, teman kantorku bertanya, dimana harus mencari informasi mengenai program studi atau jurusan di perguruan tinggi sebelum mengikuti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? informasi tersebut meliputi berapa daya tampung setiap jurusan? perbandingan daya tampung yang diterima dari tahun ke tahun hingga jurusan apa saja yang peminatnya sedikit atau banyak sehingga ini bisa menjadi persiapan dan pertimbangan bagi anak temanku itu ketika akan mengikuti ujian SNMPTN.

Terus terang saat temanku menanyakan itu saya tidak menjawabnya dengan pasti karena saya tidak pernah membuka atau mencari informasi seputar SNMPTN. Saat itu, saya hanya menjawab sebaiknya menanyakan kepada tempat bimbingan belajar yang biasanya menyediakan informasi seputar itu mengingat pengalaman sendiri ketika mengikuti bimbel di Nurul Fikri semuanya telah disediakan oleh penyedia jasa bimbel tersebut.

Nah, berawal dari pertanyaan temanku itulah, akhirnya saya penasaran untuk mencari informasinya dan terdampar di situs resmi SNMPTN. Bagi siswa-siswi juga yang sedang mencari informasi seperti teman kantorku itu khususnya SNMPTN 2014 silahkan akses situs resminya di https://web.snmptn.ac.id.

Perbandingan Daya Tampung Setiap Program Studi / Jurusan
Untuk membaca informasi mengenai daftar perguruan tinggi dan program studi yang di tawarkan silahkan baca disini . Disana juga tersedia informasi khusus tentang perbandingan daya tampung mahasiswa dari setiap program studi atau jurusan yang ditawarkan. Sebagai contoh ketika kita mencari informasi program studi Pendidikan Dokter di Universitas Indonesia (UI), maka akan tersedia detail informasi sebagai berikut:
  • Daya tampung: 90 orang
  • Kategori: IPA
  • Persyaratan: 
  1. Tidak tuna netra
  2. Tidak tuna rungu
  3. Tidak tuna wicara
  4. Tidak tuna daksa
  5. Tidak buta warna keseluruhan maupun sebagian
  • Jumlah pendaftar tahun 2012 sebanyak 2.140 orang. Yang di terima sebanyak 72 orang dengan presentase 3.36%
  • Jumlah pendaftar tahun 2013 sebanyak 3.735 orang. Yang diterima sebanyak 90 orang dengan presentase 2.41%
  • Untuk jumlah siswa diterima berdasarkan sekolah semuanya dari SMA dengan jurusan IPA 
  • Selain itu juga tersedia jumlah siswa diterima berdasarkan provinsi
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar):
Informasi Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Indonesia
Informasi Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Indonesia 
Bagi yang sedang mencari informasi daftar perguruan tinggi (PTN) se-Indonesia baca disini.

Komentar